ABS : Kunjungi Bandara Syamsudin Noor, BURT DPR Minta Gapura Angkasa Tingkatkan Sinergi
Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Agung Budi
Santoso meminta PT Gapura Angkasa di Bandara Internasional Syamsudin Noor,
Kalimantan Selatan untuk meningkatkan sinergi dengan Angkasa Pura serta TNI AU
supaya bisa memberikan pelayanan maksimal melalui Joumpa Airport VIP Service
and Lounge bagi Anggota DPR RI dan masyarakat yang menggunakan fasilitas tersebut.
Hal itu diungkapkan Agung usai memimpin pertemuan Tim
Kunjungan Kerja BURT DPR dengan stakeholder di Bandara Internasional Syamsudin
Noor, Banjarmasin, Kalsel, Selasa, (7/12/2021). Agung menjelaskan, hampir dua
tahun wabah Covid-19 melanda Indonesia. Hal ini berdampak pada perubahan pola
interaksi sosial di masyarakat. Kebiasaan baru tersebut pada akhirnya mendorong
kebijakan tatanan normal baru (new normal).
“Hal ini juga membuat pelayanan Joumpa kurang begitu
maksimal karena harus menyesuaikan dengan aturan dan protokol kesehatan yang
berlaku di bandara, namun itu semua bisa dimaklumi. BURT datang ke sini untuk
meninjau secara langsung pelaksanaan pelayanan fasilitas untuk Anggota DPR RI
di bandara mencakup kesiapan sarana, prasarana, sumber daya manusia, prosedur
keberangkatan dan permasalahan yang dihadapi, termasuk fasilitas kesehatan
serta layanan lounge,” jelas Agung.
Politisi Partai Demokrat itu menjelaskan, layanan tersebut
diberikan bukan karena Anggota Dewan ingin dilayani yang berlebihan, namun itu
memang sudah tertera dalam tata tertib DPR dimana setiap Anggota Dewan
mendapatkan layanan VIP di bandara. Hal ini juga yang harus diketahui oleh semua
anggota DPR RI, sampai saat ini masih banyak Anggota DPR RI belum paham
menggunakan fasilitas Joumpa yang ada di bandara.
“Setelah mendengar penjelasan dari Gapura Angkasa, saya
menilai layanan Joumpa Airport VIP Service and Lounge di Bandara Internasional
Syamsudin Noor Provinsi Kalimantan Selatan ini sudah baik. Namun, sinergi antar
stakeholder perlu ditingkatkan untuk memberikan pelayanan yang maksimal,”
tandas Agung.
“Saya pikir hampir semua sama pelayanan pasti selalu ada
kekurangan maupun kelebihan. Namun kita berharap, dari setiap kami melakukan
kunjungan ke Gapura Angkasa, kita bisa berkomunikasi dan mengevaluasi terhadap
fasilitas dan pelayanan yang diberikan agar bisa ditingkatkan lebih baik,”
harap Anggota Komisi III DPR RI itu.
Terkait masukan tersebut, General Manager Gapura Angkasa
Bandara Bandara Internasional Syamsudin Noor Provinsi Kalimantan Selatan Eko
Purwanto menyatakan akan meningkatkan komunikasi dan koordinasi dengan para
stakeholder. “Kami memberikan layanan sesuai kebijakan bandara dan prosedur
yang berlaku. Kami akan terus bersinergi untuk menyempurnakan layanan dan mampu
memberikan layanan ekstra kepada pengguna fasilitas Joumpa dan bermanfaat bagi
bandara maupun maskapai angkutan udara,” komitmennya. (R 931)
Sumber: Berita Parlementaria
Komentar